Supriyadi: Magha Puja dan Seminar Buddhist Sarana Aplikasi Ajaran Buddha

                             Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi. (foto: dbb)

JAKARTA ,12 Maret 2017, 21:05- Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Supriyadi mengapresiasi inisiatif Unit Kerohanian Trisakti School of Management menyelenggarakan Magha Puja diiringi dengan Seminar Buddhis. Menurutnya, hal itu merupakan tradisi baik yang bisa menjadi kekhususan aktivitas mahasiswa Buddhis Indonesia dalam melaksanakan dan mengaplikasikan ajaran Buddha.

Pesan ini disampaikan Supriyadi saat memberikan sambutan mewakili Plt Dirjen Bimas Buddha pada acara yang digelar di Kantor BPPT, Minggu. Acara ini diikuti oleh civitas akademika dan mahasiswa Trisakti School of Management.

“Peringatan Magha Puja mengingatkan kita pada peristiwa Sang Buddha membabarkan Ovada Patimokkha, yang intinya mengajarkan umat manusia untuk tidak berbuat kejahatan, perbanyak perbuatan baik, serta sucikan hati dan pikiran,” terang Supriyadi.

Di hadapan para mahasiswa Buddha, Supriyadi menjelaskan bahwa Ovada Patimokkha yang dibabarkan Sang Buddha adalah Dhamma yang mengajarkan umat untuk menjadi manusia seutuhnya. Caranya adalah dengan tidak berbuat jahat, dan aktif memperbanyak perbuatan baik. Kedua sikap itu kemudian disempurnakan dengan mensucikan hati dan pikiran.

“Rangkaian tiga ajaran ini jika dijalankan dengan penuh kesadaran akan membawa kemajuan batin dan akan membentuk perilaku yang mendukung pencapaian kesempurnaan hidup,” ujarnya.

Menurut Supriyadi, keberhasilan dan masa depan bergantung pada bagaimana sikap dan perilaku sekarang, serta tidak lepas dari karma. Agar karma baik bisa berbuah, maka harus diciptakan kondisi karma baik untuk berbuah, yaitu banyak berbuat kebaikan dalam kehidupan sekarang.

“Sebagai akademisi, itu dilakukan dengan belajar, bekerja tekun, jujur, serta semangat sehingga keberhasilan berupa kelulusan atau nilai memuaskan akan dicapai,” pesannya.

“Kebahagiaan tidak ditentukan orang lain, tapi diri sendiri. Apa yang dilakukan hari ini akan menentukan bahagia di masa depan,” tambahnya.

(dbb/mkd) MHI 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s