Coblos Surat Suara Ganda Divonis 36 Bulan

ACEH ,14-03-2017-Jaksa Penuntut Umum (JPU ) Kejaksaan Negeri (Kejari)  Meulaboh beberapa waktu lalu  menuntut  penjara selama 36 bulan terhadap terpidana kasus coblos suara ganda pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada)   pada sidang agenda pembacaan tuntutan oleh JPU Kejari Aceh Barat beberapa hari lalu.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh pada sidang terakhir  menjatuhkan vonis 36 bulan penjara terhadap terpidana kasus coblos surat suara ganda pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur/wakil gubernur,bupati/wakil bupati 15 Februari 2017.

Selain itu, terpidana Darwis (28), juga dikenakan denda sebesar Rp. 36 juta. Sidang agenda putusan tersebut dipimpin hakim ketua, Muhammad Tahir SH didampingi hakim anggota T.Latiful SH dan Muhammad Alqudri SH ,Senin.

Terpidana dinyatakan terbukti secara sah melakukan pelanggaran yang mengarah pada Pasal 178 Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI Nomor 1/2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota.

Kuasa Hukum Darwis, usai sidang  menilai keputusan yang dijatuhkan terhadap terpidana tidak manusiawi, karena pelanggaran yang dilakukannya kurang dipahami.

“Apakah tindakan coblos di atas satu kali itu salah. Keputusan ini jelas tidak manusiawi, karena terpidana adalah seorang warga pelosok desa di Kabupaten Aceh Barat. Jadi, ia kurang mendapatkan sosialisasi menyangkut pelanggaran pilkada, hingga terjadi kesalahan pencoblosan. Dalam hal ini, kami akan lakukan banding, karena penetapan hukuman ini tidak ada unsur keadilan,” kata Said Atah SH.

Ia menambahkan, seharusnya majelis hakim mengurangi atau memvonis di bawah dari tuntutan JPU, namun kenyataannya tidak sama sekali. Bahkan mengambil sikap penetapan sesuai dengan tuntutan JPU.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Bahagia Idris yang turut hadir dalam persidangan, menyambut baik putusan Pengadilan Negeri Meulaboh itu.

Diharapkan, putusan tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat, sehingga untuk ke depannya tidak akan salah lagi dalam menyalurkan hak pilihnya pada pilkada.

(Yus) MHI .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s