Mendes PDTT : Sinergi Kementerian Perbesar Daya Ungkit Terhadap Desa

MALANG , 14 Maret 2017- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranamigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo bersama Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Minggu . Menteri Eko mengatakan, sinergi antar kementerian tersebut akan memberikan daya ungkit yang lebih besar terhadap desa.

“Dalam rangka memajukan 5000 desa menjadi desa mandiri, kita bekerjasama lintas Kementerian dan Lembaga. Di masa yang akan datang, setiap kementerian yang melakukan program desa kita sinergikan agar daya ungkitnya juga semakin besar,” ujar Menteri Eko.

Desa Jabung sendiri merupakan desa mandiri yang berhasil mengembangkan seni topeng dan ekonomi kreatif. Selain itu, lanjut Menteri Eko, Desa Jabung memiliki potensi produk unggulan tebu yang bisa dikembangkan. Melihat hal tersebut, tahun ini Menteri Eko membuat satu gerakan produk unggulan desa (Prudes) agar setiap desa fokus pada satu produk unggulan. Para Bupati pun diminta mengusulkan produk unggulannya untuk kemudian diberikan insentif oleh pemerintah pusat.

“Yang (potensi) di pariwisata kita masukkan pariwisatanya juga. Di sini (Jabung) kita lihat banyak tebu. Nanti pasca panen akan kita dorong ke sini juga,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, saat ini Kemendes PDTT telah menyiapkan aplikasi ruang desa. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berkonsultasi tentang payung hukum desa. Selain itu, aplikasi tersebut juga akan memberikan layanan berupa komunikasi virtual antara kepala desa dan pendamping desa.

“Aplikasi ruang desa ada di beberapa kabupaten. Karena ini masih baru, kita masih trial (percobaan). Kita lihat nanti masalahnya apa, kalau sudah bagus kita sebarkan ke seluruh Indonesia. Saya sudah ngobrol dengan Menkominfo, mudah-mudahan tahun ini setiap daerah punya akses internet sampai ke desa-desa, ” ujarnya.

Selanjutnya Menteri Sosial Kofifah mengatakan, pendekatan ekonomi kreatif dapat dilakukan dalam membangun desa sejahtera seperti halnya desa Jabung. Menurutnya, pengembangan desa tersebut dapat dijadikan model pengembangan desa mandiri lainnya.

“Kami menyerahkan ini ke Kementerian Desa agar dikembangkan dan dikuatkan, bahkan dijadikan model bagaimana sejahtera mandiri,” ujar Mensos.

(Joggie) MHI 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s