Mendagri : Gerbangdutas Akan Memperkuat Daerah diPerbatasan

JAKARTA ,19 Maret 2017 23:47:40– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan pembangunan daerah perbatasan sebagai wujud mengatasi kesenjangan antar wilayah di Indonesia.

Mendagri yang bertindak langsung sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini mengungkapkan, perlu adanya keterpaduan dalam setiap kegiatan dan program. Hal ini agar pembangunan di daerah perbatasan benar-benar mampu mengatasi kesenjangan antar wilayah.

“Program dan kegiatan disusun untuk mewujudkan perbatasan negara sebagai beranda terdepan, mengurangi kesenjangan antar wilayah,” ungkap Mendgari ketika berkunjung ke Natuna, belum lama ini.

Daerah perbatasan yang dulunya masih dipandang sebelah mata, saat ini sudah mulai menunjukan perkembangan. Seperti semakin membaiknya pembangunan infrastruktur di perbatasan.

“Sesuai dengan Nawacita membangun dari pinggiran, sekarang perbatasan kita selesai semua secara fisik,” ungkap Mendagri.

Mendagri mengungkapkan dengan adanya Gerakan  Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) akan memperkuat daerah-daerah dalam rangka Negara kesatuan Republik Indonesia. Dalam kurun waktu pemerintahan Presiden Jokowi ini dapat dilihat peningkatan alokasi anggaran untuk daerah perbatasan, Pada tahun 2017 ini mengalami peningkatan 37.20 persen dengan total 17,8383 Triliun.

Mendagri menyebutkan, program pembangunan di daerah perbatasan saat ini akan fokus pada pembangunan infrastruktur ekonomi seperti pasar tradisional, rumah sakit rujukan, dan infrastruktur pendukung lainnya.

“Fokus daerah perbatasan bagaimana meningkatkan perekonomian di daerah perbatasan, sehingga tidak hanya sejajar dengan negara tetangga bahkan bisa mengungguli,” ujar Mendagri.

(Ikhsan) MHI 

Sumber :Humas Puspen Kemendagri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s