Pemkot Tasikmalaya Akan Bangun Tujuh Puskesmas Baru

TASIKMALAYA ,22 Maret 2017 09:12:42- Wali Kota  Tasikmalaya, Budi Budiman merencanakan pembangunan tujuh puskemas baru tahun ini. Pembangunan Puskemas merupakan program tahunan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam peresmian Puskesmas Kecamatan Cihideung, ia mengatakan sudah menyelesaikan pembangunan tujuh puskemas di tahun 2016. Ketujuh proyek puskesmas itu termasuk dari 92 paket pekerjaan fisik tahun 2016 dengan total anggaran Rp 26 miliar, meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur jalan.

“Masih ada tujuh puskesmas lagi yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya,” katanya pada wartawan.

Guna mengefektifkan pelayanan puskesmas, nantinya akan digunakan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan pola itu, maka puskesmas diharapkan bisa lebih mandiri karena bisa mempunyai anggaran sendiri sekaligus merekrut pegawai.

”Seluruhnya nanti ada 21 puskesmas, kami baru ada delapan puskesmas yang sudah berjalan BLUD. Ini biar cepat dan mandiri seperti rumah sakit,” katanya.

Dirinya mengakui, pembangunan BLUD saat ini belum mengarah kearah ramah lingkungan. Namun demikian, pihaknya berencana akan mengarah ke arah ramah lingkungan. Menurutnya, untuk saat ini, fokus terlebih dahulu ke pembangunan fisik.

Sementara itu, Asisten Daerah II, Nana Rosadi mengatakan, anggaran yang digunakan untuk membangun satu puskesmas menghabiskan anggaran sebesar 1,7 miliar. Sehingga total anggaran yang digunakan untuk membangun delapan puskesmas ditaksir senilai Rp 13,6 miliar. Adapun untuk pembangunan tujuh puskesmas lagi, pihaknya belum bisa menghitung besaran anggaran yang akan dikeluarkan.

”Belum, nanti kita lihat dulu luas bangunanya seperti apa. Paling tidak jauh dengan anggaran delapan puskesmas yang sudah kita bangun,” sebutnya.

(Cecep) MHI 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s