Diharapkan Sudah Ada Nama Anggota KPU Bawaslu yang Baru 10 April ini

JAKARTA ,23 Maret 2017 13:00:27– Pemerintah melalui Tim Seleksi (Timsel) telah menyerahkan daftar calon komisioner anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke DPR. Tibalah saatnya DPR untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap pada tanggal 10 April 2017 ini sudah menerima nama-nama yang telah dilakukan uji kelayakan tersebut. Sehingga pemerintah sudah menerima nama-nama siapa saja anggota KPU Bawaslu yang baru. Mengingat pada 12 April 2017 akan dilaksanakan pergantian jabatan anggota Komisioner KPU dan Bawaslu.

“Kami mengharapkan jadwal fit and proper test DPR dan kemudian keputusannya disampaikan kepada Presiden dapat Pemerintah terima melalui Mensesnegnya sebelum tanggal 12 April, pemerintah mengharapkan selesai tanggal 10an (April),” harap Tjahjo.

Dengan diserahkan sebelum tanggal 12 April ini pemerintah akan segera melakukan persiapan baik dari segi pelantikan maupun Keputusan Presiden (Keppres). Berdasarkan info yang diterima Mendagri, saat ini DPR melalui Komisi II tengah mencari  waktu yang tepat.

“Kami berharap  seminggu setidaknya sudah dapat  diselesaikan dan kemudian disahkan di sidang paripurna dan sebelum tanggal 12 April, pemerintah sudah menerimanya,” ungkap Mendagri.

Sebagai informasi, pemerintah melalui timsel telah menyerahkan sebanyak 14 nama calon anggota komisioner KPU dan sebanyak 10 calon anggota Bawaslu. Dari 14 calon anggota KPU, 4 orang di antaranya adalah perempuan. Dari 10 calon anggota Bawaslu, 3 orang di antaranya adalah perempuan.

(Ikhsan) MHI 

Sumber :Humas Puspen Kemendagri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s