Pemerintah Promosikan Produk Makanan dan Minuman Indonesia difestival ASEAN SANM di Wellington

SELANDIA BARU , 05 April 2017-Memanfaatkan pengunjung festival ASEAN Southeast Asian Night Market di Wellington, KBRI Wellington membuka stall produk-produk makanan dan minuman Indonesia untuk dicicipi oleh konsumen di Selandia Baru.

Berbagai produk makanan dan minuman seperti biskuit, wafer, permen, kopi instan, kopi bubuk, dari 7 perusahaan Indonesia dipamerkan dalam kegiatan promosi ini. Festival yang berlangsung pada tanggal 1-2 April 2017 ini menyajikan berbagai kuliner serta penampilan kesenian dari negara-negara Asia Tenggara.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka lebih memperkenalkan produk makanan dan minuman Indonesia di Selandia Baru sekaligus memfasilitasi penjajakan pasar di Selandia Baru. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KBRI dalam mendorong ekspor Indonesia ke Selandia Baru. Produk makanan olahan merupakan salah satu komoditas potensial Indonesia yang dapat diekspor ke Selandia Baru”, kata Bapak Firdauzie Dwiandika, Kuasa Usaha ad interim KBRI Wellington.

Ratusan pengunjung yang datang ke stall KBRI berkesempatan mencoba berbagai produk seperti permen Gulas, Kopiko, CoffeeMix, Supresso, Teh Botol Sosro, Krinkle, Apilo, kopi Excelso, dan Oatbits. Selain sample produk dari Indonesia, turut berpartisipasi pula perusahaan di Selandia Baru yang sudah menjual produk kopi Indonesia di Wellington. Pecinta kopi sangat menikmati sajian kopi Jawa Barat yang disuguhkan oleh Vincent, barista asal Indonesia dari Ripe Coffee Roastery.

“Respon konsumen atas produk kami cukup positif. Kami bawa produk unggulan sesuai potensi konsumen di sini yang banyak peminum kopi serta menyukai makanan sehat” ujar Dharma Jaya, perwakilan PT. Kapal Api Global yang hadir di acara ini. “Kami optimis produk Kapal Api bisa diterima dengan baik di NZ”, lanjutnya.

Specialty coffee lain yang dipamerkan adalah kopi Gayo Aceh dan Manggarai Flores yang dipasarkan oleh perusahaan distributor di Auckland.

Diharapkan upaya promosi produk Indonesia sekaligus penjajakan akses pasar ini akan meningkatkan ekspor RI ke Selandia Baru. Ekspor produk makanan dan minuman Indonesia ke Selandia Baru pada tahun 2015 tercatat sekitar USD 18,1 juta yaitu sebesar 1,18% dari total impor produk makanan dan minuman Selandia Baru.

Selain memamerkan produk makanan dan minuman Indonesia, stall KBRI Wellington juga melakukan promosi pariwisata dengan menyajikan berbagai informasi pariwisata termasuk brosur daerah tujuan wisata, dvd promosi pariwisata, brosur produk wisata serta memamerkan hasil kerajinan khas Indonesia yaitu ukiran kayu batik, kerajinan perak, kain ulos, tapis, dan songket. Melihat ragam tujuan wisata di Indonesia, pengunjung cukup antusias untuk berwisata ke Indonesia. Beberapa pengunjung telah memiliki rencana untuk mengikuti cruise dan menjelajahi pulau-pulau di Indonesia.

Sementara itu, kuliner Indonesia diwakili oleh 3 food trucks dan 1 stall yang menyajikan berbagai makanan khas seperti mie bakso, nasi bakar, batagor, nasi kuning, serta makanan kreasi masing-masing koki Indonesia.

(Stevent) MHI 

(Sumber: KBRI Wellington)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s