KBRI Tripoli Pulangkan 2 TKI dari Libya

LIBYA , 20 April 2017-KBRI Tripoli bersinergi dengan KBRI Tunis kembali berupaya memberikan yang terbaik dalam hal perlindungan total kepada WNI/TKI yang ada di wilayah akreditasi. Hal tersebut diwujudkan dengan keterlibatan aktif dalam membantu setiap permasalahan yang diterima oleh para TKI. KBRI Tripoli kembali memulangkan sebanyak 2 (dua) orang TKI yang sebelumnya telah berada di shelter KBRI Tripoli akibat berbagai permasalahan hubungan kerja ,Kamis.

Kedua TKI tersebut adalah suami istri yang bekerja di Tripoli, Libya dan mengalami perlakukan kasar dari pihak majikan mengakibatkan mereka tidak betah bekerja dan memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan juga rasa khawatir dengan kondisi keamanan di Libya yang selama ini masih tidak aman.

Para TKI tersebut diterbangkan dari Tripoli, Libya menuju Tunis, Tunisia pada Kamis (13/4) dan pada Sabtu (15/4) melanjutkan penerbangan ke Jakarta dengan satu orang pendamping Staf KBRI Tripoli. Para TKI tersebut tiba di Jakarta, Minggu (16/4) dan dipulangkan ke daerah asal oleh BNP2TKI.

Kepmenaker No. 260 Tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Negara-negara kawasan Timur Tengah belum menunjukan hasil maksimal. Hal ini dikarenakan pengiriman para TKI khususnya informal dari Indonesia ke Libya masih terus berlangsung sampai saat ini dengan dengan mengabaikan kondisi keamanan di Libya serta keselamatan TKI itu sendiri.

KBRI Tripoli senantiasa menghimbau para calon TKI untuk senantiasa waspada dan berhati-hati jika menerima penawaran untuk bekerja di luar negeri, khususnya ke Libya mengingat Libya masih dalam kondisi perang dan ketiadaan peraturan yang dapat melindungi hak-hak pekerja asing di Libya.

(Ahmad) MHI 

(sumber: KBRI Tripoli)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s