NIK Dukcapil Kemendagri Sudah diManfaatkan 207 Lembaga

JAKARTA , 21 April 2017 19:32:10 – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerjasama dengan PT BCA Finance untuk pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK) melalui KTP elektronik dalam pembiayaan yang diberikan BCA Finance.

Dalam acara tersebut Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dan Presiden Direktur PT BCA Finance Roni Haslim, Direktur BCA Finance David Pangestu.

Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat mendukung program Kemendagri yakni “Tertib Administrasi Kependudukan” melalui sosialisasi penggunaan dan pembuatan KTP elektronik bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Nah Ibu dan Bapak saat ini dengan PT. BCA Finance, sudah 207 lembaga yang bekerjasama dengan Dukcapil Kemendagri,” kata Zudan, kemarin.

Jumlah ini, kata Zudan diupayakan terus bertambah sehingga semua lembaga, baik instansi pemerintah dan swasta diharapkan dapat memanfaatkan sistem KTP elektronik Kemendagri, dimana menerapkan single identity number. Kini hampir semua perbankan menggunakan NIK.

Presiden Direktur BCA Finance Roni Haslim mengataka adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat mengefektifkan fungsi dan peran masing-masing pihak dalam pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Adanya kerja sama tersebut, dia menilai dapat meningkatkan kualitas layanan dan mendukung penyaluran pembiayaan yang tepat sasaran yang diberikan oleh PT BCA Finance kepada Debitur dan Calon Debitur.

Selain itu, pemanfaatan hak akses data KTP elektronik untuk mendukung penerapan Program Antipencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Lingkungan Perusahaan Pembiayaan.

“Dengan ini kami yakin pelayanan kami akan bertambah sempurna, kami percaya dapat menurunkan kredit macet,” katanya.

(Sofiana) MHI 

Sumber :Humas Puspen Kemendagri/Ditjen Dukcapil Kemendagri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s