Kerja Sama Bilateral RI-Suriah diWakili Dubes RI dan Gub.Tartous

SURIAH ,09 may 2017, Dubes RI, Drs Djoko Harjanto, MA. telah mengadakan kunjungan ke Propinsi Tartous guna melihat langsung perkembangan situasi terkini di wilayah tersebut sekaligus mencari prospektif peluang kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan mengingat propinsi Tartous memiliki pelabuhan terbesar di kawasan Timur Tengah ,(27/4).

Dalam kunjungan tersebut, Dubes RI mengadakan courtessy call dengan Gubernur Tartous, Sofwan Abu Sa’di di Kantor Gubernur Dubes RI menyampaikan hal-hal di antaranya bahwa tujuan kunjugan adalah dalam rangka membina hubungan bilateral kedua negara, juga mendorong kunjungan para pebisnis Suriah ke Indonesia untuk dapat hadir dalam pameran Trade Expo. Khsuusnya dari Provinsi Tartous.

Terkait konflik di Suriah, posisi Indonesia terkait Suriah jelas yaitu mendukung kedaulatan dan kesatuan wilayah Suriah serta mendorong penyelesaian krisis secara damai. Indonesia juga mendukung upaya Suriah dalam pemberantasan terorisme.

Di bidang ekonomi, volume perdagangan antara kedua negara masih rendah karena berbagai faktor terutama krisis yang berlangsung sejak 2011 dan embargo internasional terhadap Suriah. Meskipun demikian, hal ini tidak menjadi halangan bagi upaya peningkatan kerja sama di masa mendatang.  Di bidang sosial dan budaya, pemerintah Indonesia telah menawarkan 2 (dua) beasiswa kepada rakyat Suriah, yaitu beasiswa Darmasiswa dan beasiswa dalam rangka kerjasama Kemitraan Negara Berkembang (KNB) program S1 dan Pascasarjana (S2). Tahun 2016 lalu, terdapat 3 pelajar Suriah yang mengikuti program Darmasiswa. Terdapat dua pelajar Suriah yang akan mengikuti program Darmasiswa tahun 2017. Saat ini, KBRI masih menyaring pelajar Suriah untuk mengikuti program KNB.

Sementara itu, Gubernur Tartous, Sofwan Abu Sa’di antara lain menyampaikan sambutan hangatnya atas kunjungan Dubes RI dan berharap dapat bekerja sama di berbagai bidang dan siap memberikan fasilitas kemudahan bagi promosi Indonesia di Tartous berupa rencana pemutaran film, promosi pariwisata, ataupun pentas kesenian. Pihaknya berjanji akan berupaya mendorong pebisnis Tartous untuk aktif berpartisipasi dalam TEI 2017.

Tartous merupakan miniatur Suriah karena rakyat setempat selalu hidup dalam kerukunan tanpa membedakan sekte atau agama. Tartous memiliki peradaban dan peninggalan bersejarah seperti peninggalan bangsa Fenisia, Ogarite termasuk benteng Safita. Dengan 2 (dua) pelabuhan yaitu pelabuhan Tartous dan pelabuhan Banias menjadi tulang punggung roda perekonomian propinsi dan Suriah secara keseluruhan .

Tartous memiliki 3 (tiga) universitas termasuk satu universitas negeri dan dua universitas swasta (Qadmus dan Qasiun).

Selanjutnya, Dubes RI juga mengadakan pertemuan dengan Wakil Ketua Kadin Tartous, Yusef al-Shaar beserta jajaran pengurus dan anggota lainnya, dan membahas peluang kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

(Ahmad) MHI 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s