Kunjungan kerja Delegasi Teknis BKSAP DPR RI ke Athena Dalam Rangka “Parliamentary Diplomacy”

YUNANI ,21 Mei 2017-Delegasi Teknis BKSAP DPR RI dipimpin oleh Juliari P. Batubara beranggotakan Dony Maryadi Oekon, Abdul Kadir Karding, dan M. Arief Suditomo melakukan kunjungan kerja ke Athena dalam rangka melakukan parliamentary diplomacy. Kunjungan mendapatkan sambutan positif dari Parlemen, Pemerintah Yunani, dan pelaku usaha Yunani.

Delegasi Teknis BKSAP DPR RI melakukan pertemuan dengan Delegasi Parlemen Yunani yang dipimpin oleh Panagiota Kozompoli-Amanatidi, Ketua Greece-Indonesia Friendship Group, didampingi oleh Foteini Vaki, Sekretaris Greece-Indonesia Friendship Group. Pertemuan membahas perkembangan hubungan bilateral RI-Yunani dan peran Parlemen untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

Pertemuan membahas kesamaan kedua negara sebagai negara demokrasi dan kepulauan dan mengidentifikasi beberapa bidang kerja sama yang potensial untuk dikembangkan, antara lain perdagangan, pariwisata, dan maritim.

Selanjutnya, Delegasi juga melakukan pertemuan dengan Director General Contemporary Culture Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani bersama dengan pelaku promosi wisata budaya Yunani yaitu manajemen Greek Festival, manajemen opera theatre dan music, dan Pusat Kebudayaan Stavros Niarchos Foundation Cultural Centre.

Dalam pertemuan tersebut dibahas penjajakan partisipasi kelompok seni Indonesia pada festival terbesar dan terkemuka di Yunani dan pertunjukan seni budaya Indonesia di teater utama Yunani baik modern theatre ataupun ancient theatre.

Selain itu, Delegasi melakukan pertemuan dengan Otoritas Pelabuhan Piraeus guna memperoleh informasi best practice pengelolaan pelabuhan, khususnya pelabuhan kapal pesiar dan feri. Sebagaimana diketahui, Pelabuhan Piraeus merupakan perlabuhan terbesar di Yunani sekaligus salah satu pelabuhan terbesar di Eropa dan dunia. Pertemuan diakhiri dengan site visit fasilitas pelabuhan kapal pesiar dan feri yang dimiliki oleh Pelabuhan Piraeus.

Bertempat di Wisma Duta KBRI Athena, Delegasi juga melakukan pertemuan dengan perwakilan WNI di Yunani. Pertemuan diikuti oleh seluruh staf KBRI Athena dan isteri, wakil pengurus organisasi masyarakat, antara lain organisasi induk WNI, Ikatan Kerukunan Keluarga Indonesia di Yunani (IKKIY), organisasi Rohani Islam, organisasi Perhimpunan Kristen, kelompok mahasiswa Universitas Terbuka, sesepuh dan tokoh masyarakat, diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia.

Dalam sambutan selamat datang, KUAI RI Athena mengharapkan agar kunjungan tersebut dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya antara Parlemen Indonesia dengan Parlemen Yunani. Sementara itu, Delegasi menyampaikan perkembangan nasional dan menghimbau agar WNI di Yunani tetap menjaga dan meningkatkan persatuan serta menjadi public relation Indonesia di Yunani dengan menyampaikan berita positif dan tidak menyebarkan berita hoax tentang perkembangan Indonesia kepada publik Yunani. Acara ramah tamah dengan WNI diakhiri dengan jamuan makan malam kuliner Indonesia dan acara hiburan bersama WNI.

(Stevent) MHI 

Sumber: Fungsi Politik (edit JA)​

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s