Mendagri: Libatkan Perguruan Tinggi Dalam Mengambil Putusan Politik Pembangunan

JAKARTA , 01 Juni 2017 14:59:15 – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajaran pemerintah daerah (pemda) melibatkan perguruan tinggi dalam mengambil putusan politik pembangunan. Peranan kampus dinilai sangat sentral dalam proses membangun bangsa.

Menurut Tjahjo, perguruan tinggi ini tak hanya berhubungan dengan mahasiswa, tapi juga berbagai disiplin ilmunya dengan berbagai kegiatannya. Kampus-kampus ini juga dinilai bisa lebih menyatu dengan semua elemen masyarakat.

“Kemendagri undang pimpinan perguruan tinggi ke sini bukan hanya dalam rangka MoU saja, tapi untuk kami sudah sampaikan ke semua pemda agar dalam susun perda, anggaran belanja, jabarkan putusan politik pembangunan harus libatkan perguruan tinggi,” kata dia.

Tjahjo mengatakan hal ini dalam sambutanya saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Senin (1/6). Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Kemendagri melakukan MoU dengan 63 rektor perguruan tinggi negeri/swasta.

“MoU ini terkait komitmen kampus menguatkan ideologi Pancasila, menguatkan wawasan kebangsaan, bela negara, dan revolusi mental,” tambah dia. Tjahjo mengatakan ideologi Pancasila sangat dibutuhkan untuk menyikapi kondisi saat ini. Terutama menghadapi ancaman terorisme dan radikalisme.

(Irfan) MHI 

Sumber :Puspen Kemendagri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s