FTI dan KBRI Bangkok Gelar Seminar Bertemakan “Indonesian Taxation and Investment Policies”

BANGKOK ,21 Juli 2017-Federation of Thai Industries (FTI) didukung oleh KBRI Bangkok telah melaksanakan Seminar dengan tema “Indonesian Taxation and Investment Policies“. Narasumber dalam seminar yang dihadiri oleh para investor dan calon investor dari Thailand tersebut adalah Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi dan beberapa direktur di lingkungan Ditjen Pajak, serta Direktur Pengembangan Potensi Daerah BKPM, Ir. Alma Karma, MEM.

Duta Besar RI Bangkok, Ahmad Rusdi, mengatakan bahwa seminar tersebut diselenggarakan pada momen yang sangat tepat karena sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia di bidang perpajakan. Setelah selesainya program Tax Amnesty, maka akan ada kebijakan-kebijakan turunan yang pasti akan memberi pengaruh kepada para investor baik yang telah menanamkan modal di Indonesia ataupun para calon investor potensial dari Thailand.

Sementara itu, para calon investor baru yang merupakan the second layer of investor Thailand yang didorong oleh pemerintah Thailand untuk melakukan ekspansi di luar negeri termasuk Indonesia juga masih memerlukan masukan-masukan yang significant dari narasumber BKPM. Thailand sendiri sudah mulai meningkatkan kualitas investasi dalam negerinya sejalan dengan program Thailand 4.0, selain karena menghadapi masalah kekurangan tenaga kerja karena menjadi ageing society.

Para narasumber dari Ditjen Pajak juga secara umum telah menyampaikan perkembangan terkini dalam kebijakan perpajakan Indonesia, terutama kaitannya dengan penanaman modal asing dan Tax Amnesty. Dinyatakan dbahwa program Tax Amnesty dapat dikatakan sukses dalam menambah penerimaan pajak negara senilai Rp. 135,6 triliun. Sedangkan narasumber dari BKPM menyampaikan update terkait kebijakan penanaman modal di Indonesia. Saat ini investasi Thailand di Indonesia menempati urutan ke 11. Untuk itu masih perlu terus didukung untuk ditingkatkan.

Seminar yang telah dihadiri oleh lebih dari 200 peserta ini, bukan merupakan seminar yang terakhir yang dilakukan oleh KBRI Bangkok di tahun ini. Namun akan merupakan rangkaian kegiatan promosi ekonomi secara total khususnya di bidang investasi. Di bulan Agustus 2017, KBRI Bangkok akan bekerjasama dengan Board of Investment Thailand melaksanakan Seminar dan Coaching kepada para calon investor Thailand. Sementara itu, direncanakan juga akan mendukung seminar serupa yang akan digagas oleh Kementerian Luar Negeri Thailand di paruh akhir tahun ini.

(Ira) MHI 

(Sumber: KBRI Bangkok)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s