Hubungan Bilateral RI – Rumania diPerekat Dengan Arsip Nasional

RUMANIA ,27 Juli 2017-Duta Besar RI Diar Nurbintoro beserta Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kementerian dan Perwakilan (BHAKP) Heru ​Hartanto Subolo mengunjungi Arhivele Nationale Romania (Arsip Nasional Rumania) dan Unitatea Arhive Diplomatice (Divisi Arsip Diplomatik Kementerian Luar Negeri Rumania) untuk menjajaki kerjasama di bidang kearsipan nasional antara RI dan Rumania,kamis.

Pada kunjungan ke kantor Arsip Nasional Rumania, delegasi dari Indonesia diterima oleh Direktur Arsip Nasional, Mr. Ioan Dragan, yang menceritakan mengenai sejarah arsip nasional di Rumania dan upaya pelestariannya. Dalam tanggapannya, Kepala BHAKP juga menjelaskan mengenai upaya pelestarian arsip di Indonesia. Selain pertemuan, delegasi Indonesia diajak untuk melihat koleksi arsip bersejarah Rumania. Diantara arsip tersebut, ditunjukkan pula beberapa arsip bersejarah hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rumania. Foto-foto dan beberapa dokumen terkait kunjungan Presiden Rumania ke Indonesia pada zaman Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto masih tersimpan baik dan apik di Arsip Nasional Rumania. Tampak foto Presiden Gheorghe Gheorghiu-Dej dengan Presiden Soekarno pada kunjungan ke Indonesia pada Oktober 1962. Terdokumentasi pula kunjungan Presiden Nicolae Ceausescu tahun 1982 ke Indonesia dengan foto bersama Presiden Soeharto.

                                                                          KBRI Bucharest

Pada kesempatan kunjungan ke Kemlu Rumania, delegasi Indonesia bertemu dengan Kepala Arsip Diplomatik, Mr. Stelian Obiziuc, dan membahas peluang kerjasama di bidang kearsipan. Pertemuan juga membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk merealisasikan rencana kerjasama, antara lain Indonesia dan Rumania sudah dapat memulai mendaftar arsip bersejarah hubungan bilateral kedua negara serta menyampaikannya ke masing-masing pihak. Dengan upaya ini, diharapkan kedua negara dapat melengkapi koleksi arsip masing-masing.

Kunjungan dan pertemuan delegasi Indonesia ke Arsip Nasional dan Divisi Arsip Diplomatik Rumania ini merupakan awal dari kerjasama yang berkelanjutan untuk melengkapi kepingan sejarah hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rumania. Dua negara yang secara geografis terpisah jauh rupanya telah memiliki sejarah hubungan bilateral yang panjang.

Berbagai arsip dan dokumen hubungan bilateral yang terdokumentasi dengan baik merupakan modal kedua negara untuk semakin merekatkan hubungannya. Melihat kembali berbagai arsip bersejarah tersebut membangkitkan kenangan sekaligus semakin menumbuhkan rasa keakraban diantara kedua negara. Jalinan persahabatan dan upaya kerjasama yang telah dirintis oleh para pemimpin pendahulu, kiranya perlu terus dipelihara dan dipupuk sebagai kontribusi kita dalam mewujudkan dunia yang lebih damai dan bersahabat.

( Steven) MHI 

(Sumber : KBRI Bucharest)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s